Begini Cara Mengeringkan Rambut dengan Cepat dan Efektif

Penting sekali mengetahui cara mengeringkan rambut dengan cepat dan efektif. Sebab, pengetahuan dan skill ini akan sangat dibutuhkan dalam kondisi terjepit. Jika berhasil, waktu menjadi lebih efisien dan penampilan bisa lebih terselamatkan.

Pasalnya, mengeringkan rambut memerlukan waktu yang tidak sebentar. Bila dalam kondisi terburu-buru dan terpepet waktu, pastinya hal ini akan dilewatkan begitu saja. Rambut tidak sempat dikeringkan, apalagi ditata. Penampilan menjadi nomor sekian karena yang terpenting adalah tidak terlambat.

Cara mengeringkan rambut dengan cepat

Supaya penampilan, khususnya rambut, tetap bisa tertata dalam kondisi demikian, maka salah satu solusinya adalah dengan mempercepat proses pengeringan rambut. Pengeringan yang lebih cepat tentu akan menghemat banyak waktu sehingga kamu akan punya spare waktu tambahan untuk berdandan sebelum berangkat.

Lantas, cara apa sajakah yang bisa membuat rambut cepat kering agar tetap bisa menata rambut dalam waktu yang terbatas?

  1. Singkirkan air sebanyak mungkin setelah mandi

Setelah selesai mandi, jangan terburu-buru keluar dari kamar mandi. Singkirkan air dari rambut sebanyak sebisa mungkin dengan jari-jari tangan. Sehingga kadar air pada rambut menjadi berkurang.

Lakukan secara perlahan dan tidak tergesa-gesa karena bisa saja rambutmu malah tercabut bila dilakukan terburu-buru. Tenang dan jangan panik agar prosesnya baik sehingga hasilnya bisa lebih maksimal.

Perhatikan juga bagian dekat akar rambut karena pada bagian ini terdapat lebih banyak air dibanding bagian ujung rambut. Untuk mengurangi kadar airnya, selain disela-sela dengan jari tangan, peras juga bagian tersebut secara perlahan.

Cara ini perlu dibiasakan agar menjadi kebiasaan dan tubuh secara otomatis melakukannya setiap kali selesai mandi. Sehingga, setelah keluar dari kamar mandi, rambutmu tidak begitu basah. Dengan begitu, proses pengeringan rambut bisa menjadi lebih cepat.

  1. Pakai handuk yang memiliki daya serap tinggi

Untuk mengeringkan rambut dengan cepat, kadar air pada rambut harus segera dihilangkan. Selain dengan cara pertama, cara lainnya yaitu dengan menggunakan handuk. Handuk dapat menyerap air yang masih terkandung dalam rambut.

Handuk memiliki daya serap air yang berbeda-beda tergantung dari jenis bahannya. Handuk microfiber diketahui memiliki daya serap yang lebih baik dibanding handuk biasa. Sehingga, air dapat berpindah dari rambut ke bahan handuk lebih cepat. Namun, handuk jenis ini tidak disarankan untuk rambut keriting karena dapat mengakibatkan kekusutan.

Walaupun daya serapnya lebih tinggi dari handuk biasa, tetap gunakan handuk secara perlahan. Hindari menggosok-gosokkan handuk pada rambut karena dapat mengganggu kesehatannya.

  1. Gunakan kipas angin dengan putaran maksimal

Cara cepat mengeringkan rambut selanjutnya yaitu dengan menggunakan kipas angin. Sebab, jika hanya mengandalkan angin alami saja, tentu akan memakan waktu yang lebih lama. Kipas angin dapat diatur tingkat putarannya sehingga angin yang hasilkan juga bisa berbeda tingkatannya.

Hadapkan dan dekatkan rambut dengan kipas angin supaya angin dapat menembus celah-celah rambut. Tekan tombol putaran maksimal pada kipas angin agar kadar air pada rambut lebih cepat berkurang sehingga rambut menjadi lebih cepat kering.

Cara ini merupakan cara alternatif bila kamu tidak memiliki alat pengering rambut atau hair dryer. Karena tidak memanfaatkan panas seperti alat-alat tersebut, cara ini tentu lebih aman untuk kesehatan rambut.

  1. Gunakan alat pengering rambut dengan bijak

Alat pengering rambut atau hair dryer dapat mengeringkan rambut lebih cepat. Selain angin, alat ini juga menghembuskan suhu panas ke rambut. Dengan begitu, air pada rambut juga mengalami penguapan.

Namun, panas tersebut dapat mengganggu kesehatan rambut bila frekuensi penggunaannya tidak diperhatikan. Lapisan kutikula rambut dapat mengalami kerusakan bila terkena panas secara terus-menerus sehingga rambut menjadi kering, kusam, kasar, dan mudah patah.

Supaya tidak terjadi hal-hal demikian, gunakan hair dryer secara bijak dan penuh kesadaran. Tidak hanya memikirkan rambut cepat kering saja, namun juga memperhatikan bagaimana dampaknya bagi rambut.

Untuk lebih melindungi rambut, kamu bisa memanfaatkan handuk untuk melapisinya. Sehingga, rambut tidak terkena panas secara langsung. Selain handuk, conditioner juga dapat digunakan untuk menambah lapisan perlindungan pada rambut.

Rambut yang basah bisa menjadi sumber masalah bila tidak segera ditangani. Apalagi bila dalam kondisi mendesak. Maka dari itu, cara-cara di atas perlu diketahui dan dilakukan agar masalah rambut basah ini tidak menjadi lebar kemana-mana.

Setelah kering, jangan lupa untuk melakukan perawatan rambut dengan Wen Guang Hair Tonic. Tenang saja, perawatan dengan hair tonic ini mudah dan simpel kok karena berbentuk spray. Jadi, kamu bisa pakai dimanapun dan kapanpun kamu mau.

Beragam manfaat hair tonic ini bisa kamu rasakan bila rutin memakainya. Hair tonic ini dapat mengurangi kerontokan rambutmu. Selain itu, juga dapat menutrisi rambut sehingga selalu sehat dan merangsang pertumbuhannya.