Cara Gampang Merawat Rambut Kasar dan Kering yang Efektif

Rambut kasar dan kering bisa saja kamu alami bila kamu cuek terhadap kondisi dan perawatan rambutmu. Memiliki rambut yang kasar sekaligus kering tentu tidaklah menyenangkan. Sebisa mungkin hal itu dicegah supaya rambut selalu dalam keadaan sehat.

Salah satu contoh kamu abai terhadap kondisi rambut yaitu membiarkannya terkena panas matahari langsung secara terus-menerus. Kamu sebenarnya bisa memakai pelindung rambut seperti topi, scarf, payung, ataupun hijab untuk memproteksinya. Namun sayangnya, kamu memilih untuk tidak melakukannya.

Rambut memiliki sebuah lapisan bernama kutikula yang melindungi inti rambut. Lapisan kutikula bisa rusak akibat paparan sinar matahari yang berlebih dan terus-menerus. Bila lapisan ini rusak, rambut akan terasa lebih kasar dan kaku. Kelembutan rambut menjadi berkurang dan tampak kering.

Tanda rambutmu mulai kasar dan kering

Secara kasat mata, tanda rambutmu berubah kasar dan kering sudah dapat terlihat. Mulai dari warnanya yang tampak kusam atau bahkan kemerahan, rambut cenderung berantakan dan kusut, sampai tampak kaku dan bercabang.

Saat kamu menyisirnya, rasanya sulit dan tersangkut-sangkut. Seringkali juga beberapa helai rambut menempel di sisir akibat patah dan rontok. Kondisi rambut seperti ini perlu segera diatasi supaya kondisinya tidak semakin parah.

Penyebab rambut kasar dan kering yang mungkin tidak kamu sadari

Rambut kasar dan kering bisa disebabkan oleh berbagai hal. Bahkan mungkin, ada beberapa di antaranya yang secara tidak sadar sudah menjadi kebiasaanmu.

  • Kebiasaan mengeringkan rambut dengan digosok-gosok.
  • Kebiasaan mengikat rambut dengan ikatan yang kencang.
  • Terlalu sering berenang dalam air berklorin.
  • Keramas menggunakan air panas.
  • Kebiasaan styling rambut yang berlebihan.
  • Terlalu sering menggunakan alat styling rambut dengan suhu tinggi.
  • Tidak memakai pelindung kepala saat beraktivitas outdoor.

Dilansir dari alodokter, selain beberapa hal yang sudah disebutkan, kondisi kesehatan tertentu juga dapat menyebabkan rambut kering. Misalnya seperti anemia, sindrom menkes, malnutrisi, gangguan hormonal, dan gangguan makan.

Cara merawat rambut kasar dan kering

Rambut kasar dan kering jangan dibiarkan begitu saja sambil berharap kondisinya akan membaik dengan sendirinya. Perlu segera ditangani supaya kondisinya membaik dan terbebas dari masalah kasar dan kering. Untuk itu, berikut beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

  1. Menggunakan pelindung kepala ketika beraktivitas di luar ruangan

Hal sederhana yang mudah dilakukan namun cukup berdampak pada kondisi rambut yaitu, memakai pelindung kepala saat berkegiatan di luar ruangan di siang hari bolong. Paparan sinar matahari yang berlebih dapat menyebabkan penyakit kulit. Rambut pun demikian. Bila intensitas paparannya berlebih, rambut bisa menjadi kasar dan kering.

Selain melindungi dari paparan sinar matahari, pelindung kepala juga dapat melindungi rambut dari debu, polusi, dan efek radikal bebas. Dengan pelindung kepala, kamu sudah bisa menjaga kesehatan dan kebersihan rambut.

Ada berbagai pilihan pelindung kepala yang bisa kamu pakai, di antaranya topi, selendang, payung, dan kerudung. Pakailah pelindung kepala yang membuatmu merasa nyaman selain juga menunjang penampilan.

  1. Hindari keramas dengan air panas yang terlalu sering

Keramas dengan air panas memang bisa merilekskan kepala. Kepala terasa lebih segar dan enteng dibanding sebelumnya. Tentu ini baik untuk kesehatan bila dilakukan dengan frekuensi yang tidak berlebih.

Air panas dapat membuka lapisan kutikula rambut dan jika lapisan ini terbuka rambut akan terasa kasar dan kering. Sehingga, tidak disarankan bila terlalu sering keramas dengan air panas. Di samping itu, minyak alami rambut juga dapat luruh terbawa air panas dan menyebabkan penurunan kelembapan rambut.

Maka dari itu, disarankan untuk keramas dengan air bersuhu normal atau air biasa. Air biasa tidak memberikan dampak apapun terhadap kulit kepala maupun rambut. Sehingga, keramas dengan air biasa lebih aman dibanding air panas.

  1. Mengonsumsi makanan bergizi pilihan

Selain merawat kesehatan rambut dari luar, merawat dari dalam pun tak boleh dilewatkan. Caranya yakni dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi penting untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut.

Dilansir dari klikdokter, untuk menjaga kilau rambut dibutuhkan protein dan omega-3. Sumber makanan yang mengandung nutrisi tersebut berasal dari ikan-ikanan seperti salmon, kembung, sarden, dan tuna. Sementara untuk antioksidannya, berasal dari tomat, brokoli, kenari, dan kacang merah.  

Dengan mengonsumsi makanan bergizi pilihan, perawatan rambut menjadi lebih optimal. Karena rambut mendapat nutrisi lengkap baik dari luar maupun dari dalam. Di samping itu, sebaiknya dibarengi dengan pengurangan konsumsi junk food. Jadi, tak hanya rambut saja yang sehat, badan pun juga sehat.

  1. Pakai conditioner secara rutin setelah keramas

Kamu sudah pernah pakai conditioner sebelumnya? Kalau belum, maka kamu perlu mencobanya. Produk perawatan rambut yang satu ini memiliki segudang manfaat untuk kebaikan rambut.

Selain untuk menjaga kelembapan rambut, conditioner juga dapat melembutkan rambut yang kasar dan kering. Rambut kasar dan kering disebabkan oleh lapisan kutikula rambut yang rusak atau terbuka. Nah, conditioner ini dapat memperbaiki kondisi lapisan tersebut. Sehingga, rambut kembali lembut dan halus.

Saat terbaik memakai conditioner adalah setelah keramas. Sebab, ketika keramas, kotoran-kotoran yang menempel pada kulit kepala tersapu bersih, termasuk minyak alami rambut. Minyak alami rambut ini berfungsi sebagai pelembap rambut agar tidak kering. Conditioner dapat menggantikan fungsi tersebut.

Conditioner juga dapat memberikan lapisan perlindungan tambahan pada rambut. Sehingga, rambut tidak mudah kering dan kasar.

  1. Pakailah hair tonic secara rutin

Selain conditioner, produk perawatan rambut lainnya yang bisa kamu pakai untuk merawat rambut kasar dan kering yaitu hair tonic. Perawatan rambut dengan hair tonic termasuk perawatan yang mudah dilakukan.

Walaupun mudah digunakan, tetapi manfaatnya juga tak kalah penting. Wen Guang Hair Tonic dengan 5 DEEP ACTIONs memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Berbagai manfaat kandungan alaminya telah terbukti ampuh merawat rambut rontok.

Manfaat lainnya yaitu menutrisi rambut kembali, menyehatkan kulit kepala, menyeimbangkan siklus pertumbuhan rambut, dan merangsang pertumbuhan rambut. Rambut kasar dan kering berangsur-angsur akan membaik kondisinya jika digunakan secara rutin.

Bagaimana? Merawat rambut kasar dan kering tidak sesulit yang kamu bayangkan bukan? Cara-cara di atas bisa langsung kamu praktikkan mulai dari yang termudah. Kemudian, lakukan secara konsisten sampai kondisi rambut berangsung membaik.