Cara Praktis dan Mudah Membuat Rambut Lembut dan Halus

Siapa yang tidak ingin memiliki rambut lembut dan halus? Pasti semua orang menginginkannya. Rambut lembut begitu nyaman disentuh dan begitu mudah diatur. Cukup dengan jari tangan rambut yang teurai berantakan bisa rapi kembali secara cepat.

Rambut lembut tampak berkilau jika dilihat. Selain itu, rambut juga terlihat lebih halus, licin, dan memukau. Rasanya senang dan tak bosan-bosan memandanginya. Hal ini tentu juga dapat menarik perhatian banyak orang dan rasa penarasan bagaimana cara melembutkannya.

Banyak dampak positif yang dirasakan bila memiliki rambut lembut nan halus. Berbagai masalah rambut seakan hilang, seperti masalah bad hair day. Masalah ini kadang kala membuat bad mood seharian. Kalau sudah begitu, kamu yang mengalaminya pasti menjalani hari dengan tidak menyenangkan.

Bagaimana cara membuat rambut lembut yang praktis?

Supaya rambut lembut, tentu tidak bisa dengan sim salabim begitu saja. Ada proses-proses yang perlu dilakukan. Caranya pun beragam, ada yang alami maupun menggunakan produk perawatan rambut. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut beberapa cara untuk melembutkan rambut yang terasa kasar dan kering.

  1. Batasi pemakaian alat styling rambut

Pemakaian alat styling rambut sudah menjadi kebutuhan primer yang sulit ditinggalkan. Sebab, dengan alat styling ini, berbagai kebutuhan rambut bisa terpenuhi seperti mengeringkan, meluruskan, mengeriting, dan lain sebagainya. Nilai plusnya lagi adalah penghematan waktu. Semua kebutuhan-kebutuhan tadi bisa terpenuhi dengan waktu yang relatif singkat.

Walaupun begitu, penggunaan alat styling yang memanfaatkan panas ini tentu berdampak pada kesehatan rambut. Panas yang dihasilkan bisa membuat lapisan kutikula rambut menjadi rusak. Bila lapisan ini rusak, rambut akan terasa kasar bila disentuh. Selain itu, rambut juga menjadi lebih rapuh dan mudah patah.

Supaya tidak terjadi hal-hal yang tak diharapkan, pemakaian alat tersebut perlu dibatasi. Penggunaan secara berlebih tentu bukan tindakan yang bijak dan mengancam kesehatan rambut. Kalau penggunaannya lebih diperhatikan lagi, rambut lembut dan halus akan segera kamu dapatkan.

  1. Pakai pelindung rambut jika beraktifitas di luar ruangan

Rambut yang terpapar sinar matahari secara terus-menerus dapat mengganggu kesehatannya. Berbagai masalah rambut bisa timbul jika kebiasaan ini tak diubah. Masalah-masalah seperti rambut kering, kusam, kasar, dan mudah patah kerapkali akan terjadi. Hal ini karena lapisan kutikula rambut mengalami kerusakan akibat paparan panas matahari yang berlebih.

Memakai pelindung rambut dapat lebih memproteksinya dari paparan sinar matahari secara langsung. Beragam pelindung kepala pun bisa kamu pakai seperti topi, scarf, kerudung, ataupun hijab yang tentunya bisa kamu sesuaikan dengan gayamu.

  1. Hindari mengikat rambut yang terlalu kencang

Kamu suka menguncir rambut? Kalau iya, pastinya kamu pernah melihat ada bekas ikatan setelah kuncirannya dilepas. Biasanya, bekas kunciran ini tak lama akan hilang dengan sendirinya bila kondisi rambut sudah dibiarkan terurai.

Mengikat rambut memang perlu dilakukan pada saat kondisi tertentu. Misalnya, saat berolahraga. Rambut terikat dapat membantu aktifitas tersebut menjadi lebih mudah. Di samping itu, rambut juga lebih terjaga kerapiannya.

Namun, tetap perhatikan seberapa kencang ikatannya. Hindari ikatan yang terlalu kencang dan tegang. Lalu, perhatikan juga bahan ikatan rambutnya apakah bahan/permukaannya halus atau tidak. Sehingga, kondisi rambut sehat tetap terjaga dan terhindar dari kerusakan terutama pada lapisan kutikula.

  1. Rutinkan pemakaian conditioner setelah keramas

Salah satu produk perawatan rambut yang tak kalah pentingnya dengan sampo adalah conditioner. Idealnya, sampo dan conditioner merupakan pasangan yang tak bisa dipisahkan karena manfaatnya yang saling melengkapi.

Keramas dengan sampo dapat membersihkan semua kotoran yang menempel di kulit kepala, termasuk minyak alami rambut. Minyak alami rambut ini dibutuhkan untuk menjaga supaya rambut tetap lembap sehingga terhindari dari masalah rambut kering.

Nah, setelah keramas, pakailah conditioner karena dapat membantu menggantikan fungsi minyak alami rambut yaitu menjaga rambut agar tetap lembap. Cukup oleskan conditioner mulai dari bagian batang hingga ujung rambut secara merata. Hindari mengoles bagian akar rambut karena bisa menyebabkan rambut lepek dan lengket.

  1. Rutinkan pemakaian hair tonic

Ada beragam produk perawatan rambut yang bisa kamu temui di pasaran. Mulai dari sampo, conditioner, creambath, masker rambut, vitamin rambut, dan hair tonic. Produk-produk tersebut tentu memiliki cara pemakaiannya masing-masing.

Bila kamu suka dengan hal yang simpel dan mudah untuk  perawatan mahkota kesayanganmu, kamu bisa pakai hair tonic. Kemasannya yang simpel dan penggunaannya yang mudah dapat membantu merawat rambutmu kapanpun dan dimanapun kamu butuh.

Apalagi, Wen Guang Hair Tonic dengan 5 DEEP ACTIONs telah teruji ampuh merawat kesehatan rambut sekaligus rambut rontok. Salah satu manfaat kandungannya yaitu dapat menutrisi rambut kembali sehingga rambut tumbuh dengan sehat dan kuat. Rambut pun tampak lebih lembut, halus, dan berkilau.

Melembutkan rambut tidaklah sesulit yang dibayangkan. Meskipun demikian, tetap perlu effort dan waktu yang dialokasikan untuk merawatnya. Lakukan secara konsisten dan rasa cinta terhadap diri agar hasilnya lebih optimal. Rambut lembut dan halus bukan lagi impian tetapi bisa diwujudkan.