Ciri-Ciri Rambut Sehat dan Cara Merawatnya agar Tetap Sehat dan Kuat

Memiliki rambut sehat adalah sebuah kebahagiaan yang patut disyukuri. Bersyukur dengan cara terus menjaga dan merawatnya dengan baik. Dan bersyukur karena berhasil membuatnya tumbuh sehat. Serta bersyukur karena mungkin kamu lebih beruntung dibanding orang lain dalam hal kesehatan rambut.

Rambut yang sehat tentu akan membawa banyak dampak positif bagi dirimu. Perasaan dan pikiranmu lebih bahagia dan positif. Penampilanmu berubah jadi cantik karena bisa tampil dengan maksimal. Orang-orang yang melihatmu pun senang memandangi rambutmu yang sehat dan indah.

Secara kasat mata, seseorang yang memiliki rambut sehat akan langsung terlihat. Karena perbedaannya cukup kentara jika dibanding rambut yang tidak sehat. Pun, rambut yang sehat bisa diciri-cirikan. Apakah ciri-cirinya ada pada rambut kesayanganmu?

Ciri rambut sehat yang perlu kamu tahu

Rambut yang sehat memiliki tanda atau ciri tertentu yang dapat dilihat ataupun disentuh. Dengan mengetahui ciri-cirinya, kamu bisa mengidentifikasi apakah rambutmu termasuk rambut yang sehat atau tidak. Bagaimanakah ciri-cirinya? Simak poin-poinnya berikut ini.

  1. Tampak lembut, halus, dan berkilau

Jika dilihat, rambut yang sehat memiliki bentuk dan rupa yang berbeda. Rambut tampak lembut, halus, dan berkilau. Jika tertiup angin, rambut akan tergerai dan jatuh kembali dengan lembut ke bentuk semula. Seolah-olah rambut juga terlihat lebih ringan.

Tiap helai rambut memiliki lapisan pelindung yang dikenal dengan nama lapisan kutikula. Lapisan ini melindungi bagian inti rambut. Dalam keadaan sehat, lapisan pelindung ini tertutup rapat. Sehingga rambut tampak lembut dan halus. Begitu sebaliknya, jika rusak, lapisan ini akan terbuka seperti terkelupas sehingga permukaan rambut menjadi kasar dan tampak kering.

  1. Mudah sekali ditata walau dengan jari

Nah, kalau sudah lembut, halus, dan berkilau, rambut tersebut pastinya mudah sekali untuk diatur. Memakai sisir pun tak lagi tersangkut dan tertarik sampai rontok. Apalagi bisa dengan mudah ditata menggunakan jari. Kondisi rambut yang seperti ini sudah dipastikan sehat dan sempurna.

Hal ini juga berhubungan dengan lapisan kutikula rambut yang sempat disinggung pada poin di atas. Dilansir dari hellosehat, lapisan kutikula pada rambut yang sehat dalam keadaan tertutup rapat sehingga tiap helai rambutnya memiliki permukaan yang halus. Lain halnya jika lapisannya rusak, tentu akan kasar dan kering.

Rambut yang mudah disisir apalagi dengan jari tangan kondisinya pasti perfect banget deh! Kalaupun berantakan karena tertiup angin misalnya, cukup sisir dengan jari sebentar sudah bisa kembali rapi. Hidup jadi lebih nyaman dan praktis.

  1. Tingkat kerontokan rambut masih tergolong wajar

Apakah rambut sehat benar-benar tidak mengalami kerontokan? Tidak, rambut sehat sekalipun tetap mengalaminya. Sebab, rambut rontok merupakan salah satu fase dalam siklus pertumbuhan alami rambut. Rambut yang rontok secara alami ini sudah mencapai batas waktunya dan akan tergantikan dengan rambut baru.

Lantas, bagaimanakah kerontokan yang masih dianggap wajar? Dilansir dari hellosehat, kerontokan masih dianggap wajar jika jumlahnya hanya berkisar antara 50 – 100 helai per harinya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kerontokan ini akibat siklus pertumbuhan alami rambut. Jadi, jangan khawatir dan buru-buru overthinking dulu ya!

Perawatan agar rambut sehat tetap terjaga

Menjaga rambut supaya tetap sehat, kuat, dan indah berkilau perlu dilakukan secara konsisten dan penuh rasa sayang terhadap diri sendiri. Sebab kalau tidak, rambut yang semula sehat bukan tidak mungkin menjadi tidak sehat dan mengalami berbagai masalah yang tak diharapkan. Lalu, apa sajakah cara perawatan yang bisa dilakukan agar rambut tetap sehat?

  1. Mulai konsumsi makakan yang mengandung protein dan omega-3

Rambut memerlukan asupan nutrisi yang cukup agar dapat memiliki struktur jaringan yang baik dan tumbuh dengan sehat. Dilansir dari alodokter, salah satu zat penyusun rambut adalah protein. Jadi, pastikan konsumsi protein untuk tubuhmu terpenuhi.

Selain protein, asam lemak omega-3 dan zat besi juga merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut. Kamu bisa mengonsumsi salmon, sarden, keju, dan yogurt untuk mendapatkan asupan asam lemak omega-3. Sementara untuk zat besinya, bisa kamu dapatkan dari bayam, tiram, kacang-kacangan, dan kerang.

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi penting untuk rambut, kebutuhan nutrisi dari dalam jadi terpenuhi sehingga pertumbuhan dan kesehatan rambut menjadi lebih maksimal. Di samping itu, disarankan untuk mengurangi konsumsi junk food agar tubuh juga menjadi lebih sehat secara menyeluruh.

  1. Kurangi frekuensi pemakaian alat styling rambut

Panas yang berasal dari alat styling rambut memang bermanfaat untuk membentuk rambut seperti yang diinginkan. Namun di samping itu, panas tersebut juga dapat merusak rambut jika sudah terlalu berlebih dalam penggunaannya.

Supaya rambut tetap terjaga kesehatannya, gunakan alat styling rambut seperti catokan, hair dryer, atau apapun seperlunya saja dan jangan berlebih. Sebisa mungkin hindari suhu panas yang terlalu tinggi saat menggunakannya.

Cara lain untuk memproteksi rambut saat menggunakan alat styling rambut adalah dengan menggunakan conditioner atau hair protector terlebih dahulu. Sehingga, rambut memiliki lapisan pelindung tambahan untuk menahan panas dari alat styling rambut.

  1. Pakailah produk perawatan hair tonic

Ada berbagai jenis produk perawatan rambut yang beredar di pasaran. Mulai dari sampo, conditioner, masker rambut, creambath, vitamin rambut, hair tonic, dan masih banyak lagi. Salah satu produk perawatan yang tak boleh dilewatkan begitu saja adalah hair tonic.

Di samping pemakaian sampo dan conditioner secara rutin, rangkaian produk perawatan rambut akan lebih lengkap jika hair tonic juga disertakan. Rambut benar-benar terawat dengan maksimal sehingga terjaga kesehatannya dan terbebas dari segala macam masalah rambut.

Wen Guang Hair Tonic dengan 5 DEEP ACTIONs membawa banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Manfaat kebaikan kandungan bahan alaminya terbukti ampuh merawat rambut rontok. Selain itu, hair tonic ini juga dapat menutrisi rambut kembali, merangsang pertumbuhan rambut, dan menyehatkan kulit kepala.

Rambut sehat perlu dijaga dan dirawat dengan sepenuh hati supaya terhindar dari berbagai masalah yang bisa merepotkan nantinya. Dengan memiliki rambut sehat, perasaan dan pikiran jauh lebih senang dan bahagia. Tak hanya diri sendiri saja, orang lain pun turut merasakannya juga.