Rekomendasi Cara Memakai Conditioner yang Benar supaya Rambut Lembut

Cara memakai conditioner nggak bisa sembarangan lho. Ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan supaya hasilnya maksimal dan terhindar dari hal yang nggak menyenangkan. Misalnya saja, rambut yang seharusnya lembut dan halus, malah menjadi lepek dan lengket setelah treatment conditioner. Ewh.. nggak mau kan rambut jadi kaya gitu?

Selain cara pemakaian, waktunya pun mesti diperhatikan juga. Waktu terbaik menggunakan conditioner adalah saat setelah keramas. Mengapa begitu?

Keramas dengan sampo dapat membersihkan rambut dari berbagai jenis kotoran yang menempel di kulit kepala. Sayangnya, kandungan deterjen pada sampo yang berfungsi untuk membersihkan ini juga menyapu minyak alami pada rambut. Padahal, minyak tersebut sangat penting untuk menjaga kelembapan rambut.

Rambut memang bersih dan segar setelah keramas. Namun, nggak lama kemudian seiring mengeringnya kandungan air padanya, rambut mulai terasa kering dan kasar akibat kekurangan pelembap alaminya. Nah, conditioner bisa mengambil alih fungsi tersebut untuk menjaga rambut agar tetap lembap.

Begini cara memakai conditioner yang tepat

Seperti yang sudah disinggung di awal tadi, memakai conditioner itu ada caranya. Tujuannya tentu, supaya hasilnya maksimal dan nggak buang-buang energi dan waktu. Bagaimana cara-cara yang benarnya? Simak poin-poinnya sampai akhir berikut ini.

  1. Sampoan terlebih dahulu agar bebas dari kotoran

Waktu terbaik menggunakan conditioner adalah setelah keramas ketika rambut masih lembap. Jadi, urutannya dibersihkan dulu baru kemudian di-treatment dengan conditioner.

Bersihkan rambut dengan sampo terbaik yang kamu punya dan pastikan mengenai rambut secara menyeluruh agar bersihnya juga menyeluruh. Sentuh juga kulit kepala karena pada bagian ini kerapkali terdapat kotoran seperti debu, polusi, dan sel-sel kulit mati.

Pijat-pijat kulit kepala secara lembut disertai dengan gerakan memutar supaya nutrisi baik sampo dapat lebih terserap. Lakukan selama beberapa menit sebelum dibilas bersih tak bersisa.

  1. Biarkan rambut sesaat kemudian peras perlahan

Setelah keramas, biarkan rambut selama beberapa saat sampai nggak basah lagi. Memakai conditioner di saat rambut masih basah itu nggak efektif karena conditionernya menjadi mudah larut kemudian hilang. Sehingga, nutrisi pada conditionernya gagal terserap sempurna.

Selain didiamkan selama beberapa saat, kamu juga bisa memerasnya secara perlahan untuk menghilangkan kandungan airnya. Ingat, lakukan secara perlahan agar rambutmu nggak tertarik dan rontok.

Di samping itu, kamu juga bisa memanfaatkan handuk untuk mengeringkan rambut. Caranya, tepuk-tepukan handuk ke seluruh bagian rambut. Tepuk dan tahan sejenak agar airnya terserap ke handuk.

  1. Tuangkan conditioner secukupnya aja

Yes! Gunakan secukupnya aja. Nggak banyak-banyak dan nggak sedikit juga. Kalau kebanyakan, rambutmu jadi lepek dan lengket. Sementara kalau kesedikitan, rambut jadi nggak ternutrisi secara menyeluruh.

Tipsnya adalah, tuangkan sedikit ke tangan kemudian usapkan ke rambut secara merata. Lalu, ulangi proses tersebut sampai bagian ujung rambut terkena menyeluruh.

  1. Oleskan conditioner bagian batangnya aja

Selanjutnya, oleskan conditioner cuma ke rambut bagian batangnya aja. Oleskan secara perlahan mulai dari bagian tengah sampai ke ujung rambut. Dan bila masih terasa kering, oleskan kembali bagian yang kering tersebut sampai terasa lembut.

Hindari mengoles conditioner pada bagian atas rambut yang dekat dengan kulit kepala. Sebab, memakaikan conditioner pada bagian ini bisa menempel dan menumpuk di kulit kepala sehingga rambut menjadi lepek dan berminyak serta kulit kepala kotor.

  1. Ratakan conditioner ke tiap helai rambut

Setelah mengoleskannya, pastikan lagi conditioner telah tersebar secara merata dan menyeluruh hingga tiap helai rambut. Selain menggunakan tangan untuk meratakannya, kamu juga bisa memakai sisir bergigi jarang. Pastikan arah sisirnya dari atas ke bawah dan hindari sebaliknya.

Hindari juga area yang dekat sekali dengan kulit kepala. Ketika sedang meratakan dengan sisir, kamu mungkin akan mendapati sisa conditioner yang menempel di sisir tersebut. Sisa-sisa ini jangan dibuang. Kamu bisa oleskan kembali ke bagian yang dirasa masih kurang olesan conditioner.

  1. Biarkan conditioner selama beberapa menit

Selesai mengoleskan conditioner secara menyeluruh ke bagian rambut yang membutuhkan, jangan langsung dibilas begitu saja. Biarkan sesaat supaya kandungan nutrisinya dapat terserap sempurna oleh rambut.

Butuh berapa lamakah didiamkannya? Dilansir dari AllThingsHair, biarkan conditioner pada rambut selama 2 sampai 3 menit. Nggak butuh waktu yang lama karena kandungan nutrisi conditioner bisa terserap cepat dan langsung bekerja. Sebaiknya kamu pasang alarm deh biar nggak kelupaan.

  1. Bersihkan conditioner sampai nggak tersisa lagi

Setelah didiamkan selama kurang lebih 3 menit, bilas rambut sampai bersih dan jangan sampai ada conditioner yang tertinggal. Bersihkan rambut dengan air yang mengalir seperti menggunakan shower. Air yang mengalir dapat melarutkan sisa-sisa conditioner sehingga rambut lebih cepat bersih.

Jangan sampai lupa melakukan tahapan ini. Mungkin saja, karena kamu sedang asyik dan sibuk dengan kegiatan tertentu, nggak pasang alarm juga, dan akhirnya sampai kelupaan, ini bahaya. Sebab, lupa membilas conditioner bisa membuat rambutmu lepek dan berminyak. Jadi, jangan sampai lupa ya!

Nah, jadi seperti itulah langkah-langkahnya, cara memakai conditioner yang benar. Pemakaian yang tepat bisa memaksimalkan manfaat conditioner yang begitu bagus untuk kesehatan dan keindahan rambut. Selain itu, memakai conditioner yang benar bisa menghindari rambutmu dari rambut lepek berminyak.