Tips Memilih Conditioner untuk Rambut Kering dan Kasar serta Kusam

Seperti yang kita tahu, banyak sekali produk conditioner untuk rambut kering yang beredar di pasaran dengan komposisinya masing-masing. Perbedaan komposisi ini tentu bisa memberikan manfaat yang beragam pada produknya.

Manfaat conditioner begitu bagus untuk kesehatan rambut. Nggak cuma itu aja, kandungan nutrisinya juga dapat memperindah mahkota kesayanganmu. Untuk bisa merasakan manfaat-manfaatnya itu, kamu mesti menerapkan cara memakai conditioner yang tepat.

Conditioner mampu mengembalikan kelembapan alami rambut. Sehingga, pas sekali untuk mengatasi masalah rambut kering, kasar, dan kusam. Selain itu, rambutmu mendapat lapisan perlindungan pada tiap helainya untuk memproteksi dari gesekan dan paparan panas serta partikel polusi yang berterbangan.

Kandungan nutrisinya juga mampu memperbaiki sekaligus melindungi lapisan kutikula rambut. Sehingga, rambut menjadi lembut dan halus serta bebas dari kusut.

Meskipun cukup banyak manfaatnya untuk kesehatan dan keindahan rambut, memakai conditioner masih belum menjadi kebiasaan yang rutin seperti halnya memakai sampo. Padahal, jika dilihat dari banyaknya manfaatnya, memakai conditioner nggak kalah penting dengan memakai sampo.

Kiat-kiat memilih conditioner untuk rambut kering

Seperti yang sudah disinggung di awal tadi, beragam produk conditioner dengan formulasi komposisinya masing-masing beredar di pasaran. Supaya nggak salah pilih dan berujung pada salah beli, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mendapatkan conditioner yang tepat.

  1. Wajib tahu dulu kenapa rambutmu bisa kering

Coba deh kamu inget-inget lagi sambil flashback ke belakang, kira-kira apa yang bikin rambutmu jadi kering dan kusam. Sebab, penyebab pada rambutmu bisa berbeda dengan yang lain. Beda penyebab bisa beda juga produk conditioner yang dibutuhkan.

Penyebab yang umum terjadi adalah karena paparan panas dari sinar matahari secara langsung. Walaupun kita tahu, paparan sinar matahari ini sebenarnya tidaklah terlalu buruk selama nggak berlebih. Bahkan, di jam-jam tertentu justru sinarnya baik untuk kesehatan tubuh. Bahayanya kalau kelamaan dan berlangsung terus-menerus, rambut bisa dehidrasi dan akan tampak kusam.

Di samping itu, proses pewarnaan rambut juga bisa menyebabkan rambut menjadi kering dan kusam. Ada berbagai bahan kimia yang terkandung dalam pewarna rambut dan beberapanya bisa menyebabkan rambut menjadi kering. Di antaranya seperti hidrogen peroksida, amonia, dan paraphenylenediamine.

Selain itu, inilah yang paling umum terjadi, pemakaian alat styling rambut. Yes! Ini juga bisa menyebabkan rambutmu menjadi kering dan kusam bahkan hingga kasar. Memang alat ini sangat membantu kebutuhan penataan rambut. Namun, suhu panasnya cukup bisa mengganggu kesehatan rambut seperti rambut kering.

  1. Conditioner dengan minyak argan untuk rambut kering karena diwarnai

Sudah sempat disinggung pada poin satu bahwa kandungan pewarna rambut ada yang bisa menyebabkan rambut kering dan kusam. Supaya dampak dari bahan kimia ini bisa lebih diminimalisir, sebisa mungkin zat kimia tersebut nggak boleh ada yang tertinggal di kepala.

Nah, untuk mengatasinya, disarankan menggunakan conditioner yang mengandung minyak argan. Minyak ini memiliki asam oleat yang dapat melindungi rambut dari kerusakan yang diakibatkan oleh zat kimia yang tertinggal.

  1. Conditioner minyak kelapa untuk rambut kering karena panas matahari

Paparan sinar matahari yang berlebih tidak baik bagi kesehatan tubuh, terutama kulit dan rambut. Berbagai dampak buruk bisa dialami rambut seperti dehidrasi, kelembapan hilang, rambut terasa kering dan kasar, dan warna rambut yang begitu tampak kusam.

Disarankan untuk mengenakan penutup kepala seperti topi, hijab, ataupun payung saat beraktivitas di luar ruangan. Memang menjadi sedikit gerah dan nggak seleluasa sebelumnya. Tapi rambut menjadi lebih sedikit terlindungi dari panas dan efek radikal bebas.

Supaya rambut makin terlindungi dari paparan panas sinar matahari, disarankan untuk memakai conditioner yang mengandung minyak kelapa di dalamnya. Minyak tersebut mengandung antioksidan dan asam laurat yang bagus untuk kesehatan rambut.

Antioksidannya dapat meningkatkan produksi melanin di dalam rambut yang penting untuk menjaga warna alami rambut. Sementara asam lauratnya bisa menjaga kelembapan rambut sehingga mencegah terjadinya rambut kering.

  1. Jauhi conditioner yang mengandung isopropyl alcohol

Tips memilih conditioner untuk rambut kering selanjutnya yaitu hindari conditioner yang mengandung isopropyl alcohol. Bahan tersebut termasuk jenis alkohol yang bisa dengan cepat menguap.

Isopropyl alcohol  bisa menyebabkan rambut kering dengan menghilangkan minyak alami rambut. Seperti yang kita tahu, minyak alami rambut berguna untuk menjaga kelembapan rambut agar tidak kering.

  1. Pakai conditioner yang ada label hydrating effectnya

Hilangnya kelembapan pada rambut bisa membuat rambut menjadi kering dan salah satu penyebabnya adalah karena hilangnya minyak alami rambut. Nah, conditioner mampu menggantikan peran minyak tersebut.

Karena banyak sekali produk conditioner yang beredar di pasaran, maka disarankan memilih conditioner dengan label tertentu seperti hydrating, moisturizing, dan balancing. Conditioner dengan label-label tersebut dapat membantu menjaga kelembapan rambut. Bila keringnya sudah cukup parah dan bahkan hingga kusut, maka disarankan untuk memakai conditioner dengan formula yang lebih intensif.

Memilih conditioner untuk rambut kering pun ada kiat-kiatnya. Tentu tujuannya agar mendapatkan produk conditioner yang tepat sehingga hasilnya juga maksimal. Masalah rambut kering bisa teratasi lebih tepat dan cepat. Pada akhirnya, rambutmu terbebas dari kering, kusam, dan kasar.