Yuk Ketahui Rebonding Rambut, Manfaatnya, dan Dampaknya Bagi Rambut

Rebonding rambut mungkin seringkali kamu dengar dan cukup familiar di telinga. Apalagi buat kamu yang sering banget ke salon untuk perawatan rambut. Tetapi, mungkin saja masih ada sebagian di antara kamu pernah mendengarnya namun belum tahu rebonding itu apa sebenarnya. Kalau kamu termasuk di antaranya, tak lama lagi akan mengetahuinya.

Apa itu rebonding rambut?

Rebonding rambut adalah salah metode untuk meluruskan rambut. Dalam prosesnya, rebonding akan mengubah struktur rambut menjadi lurus dengan bahan kimia dan alat-alat tertentu. Jadi, kalau kamu ingin meluruskan rambut, maka kamu tinggal merebondingnya saja untuk hasil yang instan.

Rebonding diperuntukkan untuk rambut yang memiliki bentuk alaminya tidak lurus, seperti ikal, keriting, dan bergelombang. Kalau rambutmu memang dari semula sudah lurus, maka ada cara lainnya yaitu smoothing.

Biasanya, tujuan seseorang yang merebonding rambutnya adalah untuk mengubah penampilan supaya tampil fresh dan berbeda dari yang biasanya. Rambut lurus dan panjang juga masih menjadi gaya rambut yang difavoritkan.

Dengan rebonding, tak hanya rambut lurus saja yang kamu dapat. Rambut juga menjadi lebih halus, lembut, dan berkilau. Rambut juga terasa lebih licin. Sehingga, ketika rambut berantakan karena tertiup angin misalnya, kamu mudah merapikannya cukup dengan jari tangan saja.

Merebonding rambut tidak memerlukan waktu yang lama. Hanya membutuhkan sekitar 2-3 jam saja tergantung service yang dipilih atau diberikan salon. Untuk hasilnya dapat bertahan 6 hingga 12 bulan namun itu tergantung juga dengan cara perawatan setelahnya.

Apa saja manfaat rebonding rambut?

Seseorang yang merebonding rambut tentu memiliki tujuannya tersendiri. Entah itu untuk mengubah penampilan, mengobati rasa bosan, dan lain sebagainya. Apapun itu, rebonding rambut juga bisa mendatangkan berbagai manfaat di antaranya sebagai berikut.

  1. Tak perlu sering lagi untuk mencatok rambut

Rambut yang direbonding menjadi tampak lurus, tipis, dan panjang. Bahkan, tak terlihat sedikitpun bergelombang. Permukaan rambut menjadi halus dan lembut sehingga terlihat rata. Secara overall, rambutmu menjadi “sangat” lurus.

Kamu yang terbiasa meluruskan dan merapikan rambut dengan mencatoknya, sudah bisa untuk mengurangi frekuensi pemakaiannya jika sudah direbonding. Karena rambut lurus, panjang, halus, dan lembut sudah kamu dapatkan setiap hari.

  1. Tak ada lagi rambut tersangkut karena kusut

Rasanya pasti sebel jika tiap kali menyisir, ada saja rambut yang tersangkut di sisirnya. Rambut yang seperti ini tentu disebabkan oleh kondisi rambut yang kusut.

Salah satu cara untuk mengatasi kondisi rambut kusut yaitu dengan me­rebondingnya. Dengan cara ini, kamu bisa dapatkan hasil rambut lurus dan lembut secara instan. Menyisir rambut jadi lebih menyenangkan bahkan hanya dengan jari tangan sekalipun.

  1. Tampilanmu berubah menjadi lebih rapi dari biasanya

Rambutmu yang sebelumnya terlihat awut-awutan atau bahkan cenderung berantakan akan berubah ketika kamu me-rebonding-nya. Setelah rebonding, kamu akan melihat rambutmu menjadi begitu rapi dan indah layaknya model iklan sampo di televisi.

Dengan rambut barumu ini tentu penampilanmu juga akan berubah. Muncul pikiran bahwa rambut sudah rapi dan tampil baru, maka outfit pun harus demikian. Pemilihan outfitnya perlu diperhatikan lagi agar lebih sesuai dengan gaya rambut yang baru.

  1. Meningkatkan daya tarik dirimu

Rambut sudah tampil dengan gaya baru yang indah memesona dan outfit pun kini menjadi lebih trendi. Kamu adalah bukan dirimu yang seperti biasanya. Kamu merupakan versi terbaik yang bisa kamu tampilkan saat ini.

Perubahan ini tentunya akan dinotice oleh orang-orang di sekitarmu. Mereka sadar ada yang berbeda dari dirimu. Mereka menyadari adanya perubahan pada penampilanmu. Secara tidak langsung, daya tarik pada dirimu semakin meningkat.

  1. Menikmati momen bersama rambut impian yang lebih lama

Kalau kamu mengidam-idamkan rambut lurus, panjang, lembut, dan halus, kamu bisa merebonding rambutmu untuk mewujudkannya secara instan. Rambut rebonding dapat bertahan hingga berbulan-bulan tergantung bagaimana perawatan setelahnya.

Nah, selama masa itu, sebaiknya nikmati momen-momen tersebut dengan baik agar tidak ada rasa penyesalan di kemudian hari. Kamu bisa berselfie ria, coba-coba kombinasi outfit baru, latihan foto model, dan aktivitas menyenangkan lainnya bersama rambut barumu.

Mungkin saja ketika kamu melakukan hal-hal tersebut, kamu menemukan satu dua hal yang bisa membuatmu merasa begitu senang dan menikmatinya. Selamat! Kamu menemukan sebuah passion baru.

Apa dampak rebonding bagi rambut?

Di samping manfaatnya yang begitu banyak, merebonding rambut tentu ada dampaknya juga yang memengaruhi kesehatan rambut. Sebab, selama proses rebonding berlangsung, rambut terkena paparan bahan kimia dan panas dari alat styling rambut. Berikut beberapa dampak akibat merebonding rambut yang perlu kamu perhatikan juga.

  1. Kesehatan rambut sedikit terganggu

Seperti yang sempat disinggung di awal, dalam prosesnya, rebonding tak terlepas dari bahan kimia dan alat-alat styling rambut. Oleh karena itu, kesehatannya pasti sedikit terganggu.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meminimalisir dampaknya yaitu dengan mencari tahu terlebih dahulu bagaimana reputasi salon yang akan dikunjungi. Jangan lupa untuk meminta saran dan rekomendasi juga dari teman-temanmu.

  1. Struktur rambut baru yang “dipaksa”

Rebonding mengubah “paksa” struktur alami rambut menjadi lurus dengan bantuan bahan kimia dan alat styling rambut. Karena dibentuk, maka struktur rambut baru ini tentu tidaklah permanen, melainkan semi-permanen.

Hasil rambut rebondingnya dapat bertahan hingga berbulan-bulan. Ketika rambut mulai mengalami pertumbuhan rambut baru, maka secara perlahan rambut akan kembali ke bentuk aslinya.

  1. Rambut bisa kering, kusam, mudah patah, dan bercabang

Hasil rebonding memang bisa memuaskan. Rambut yang semula biasa saja, kini tampak istimewa dengan tampilan baru yang begitu lurus, lembut, dan indah. Penampilanmu pun berubah dan rasa percaya diri yang ada pada dirimu juga meningkat.

Namun, sebaiknya jangan terlalu berpuas diri sampai lupa untuk melakukan perawatan setelahnya. Meskipun hasilnya sudah sempurna dan memuaskan, rambut hasil rebonding tetap perlu dirawat. Sebab jika tidak, rambut justru akan kering, kusam, dan bercabang, serta rontok.

Untuk itu, gunakan produk hair tonic secara rutin. Wen Guang Hair Tonic dengan 5 DEEP ACTIONs mampu menutrisi rambut kembali sehingga kerontokan rambut berkurang. Selain itu, manfaatnya juga berdampak pada kulit kepala yang menjadi lebih bersih dan sehat sehingga rambut juga dapat tumbuh dengan baik.

Kesimpulannya

Rebonding adalah salah satu cara untuk meluruskan rambut dengan hasil yang instan dan cukup memuaskan. Dengan merebonding rambut, kamu akan merasakan berbagai manfaat, baik untuk rambut maupun dirimu secara overall. Namun di samping itu, rebonding juga bisa membawa dampak buruk jika tidak diperhatikan.